Senin, 11 Agustus 2014

DORAEMON

Doraemon


Doraemon
Doraemon volume 1 cover.jpg
Sampul manga Doraemon jilid pertama versi Jepang.
Genre Komedi
Petualangan
Fiksi ilmiah
Manga
Pengarang  Fujiko F. Fujio
Penerbit  Bendera Jepang Shogakukan
Penerbit bahasa Indonesia Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Penerbit lainnya Bendera Korea Selatan Daiwon C.I.
Bendera Malaysia Tora Aman
Bendera Vietnam NXB Kim Đồng
Bendera Thailand Nation Edutainment
Bendera Filipina JLine Comics Center
Seri anime TV
Sutradara  Tsutomu Shibayama
Studio Shin-ei Animation
Jaringan Bendera Jepang TV Asahi
Jaringan bahasa Indonesia Bendera Indonesia RCTI
(6 November 1988-sekarang)
Jaringan lainnya Bendera Republik Rakyat Tiongkok CCTV-1
Bendera Chili Canal 13 (1983-1988), Chilevisión (2000)
Bendera Hong Kong TVB
Bendera India Hungama TV
Bendera Korea Selatan ChampTV, AnioneTV
Bendera Malaysia Ntv7, RTM 1, TV9
Bendera Filipina GMA-7, ABS-CBN-2
Bendera PortugalCanal Panda
Bendera Singapura Channel 8
Bendera Spanyol TV3, Canal Panda, Boomerang
Bendera Republik Tiongkok CTS
Bendera Thailand MCOT
Terkait
Portal Anime dan Manga
Doraemon (ドラえもん) adalah judul sebuah manga dan anime populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial yang akan terjadi di masa depan yang disebabkan karena kebodohan Nobita.
Setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau diganggu oleh Gian dan Suneo, Nobita selalu mendatangi Doraemon untuk meminta bantuannya. kemudian Doraemon biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya. Peralatan yang sering digunakan misalnya "Baling-baling Bambu" dan "Pintu ke Mana Saja". Sering kali, Nobita keterlaluan menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

Daftar isi

Sejarah

Pada bulan Desember 1969, manga Doraemon terbit berkesinambungan dalam 6 judul majalah bulanan anak. Majalah-majalah tersebut adalah majalah Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), dan Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD). Sejak 1973, majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic dirilis sebagai majalah Doraemon.
Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah terjual lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992. Pada tahun 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 jilid aslinya.

Latar belakang cerita

Doraemon dikirim kembali ke masa kehidupan Nobita oleh cicit Nobita, Sewashi. Ia dikirim untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik. Dalam kehidupan aslinya tanpa dibantu Doraemon, Nobita gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam karier, dan meninggalkan keluarganya dengan masalah finansial.
Cerita berfokus tentang kehidupan sehari-hari Nobita yang merupakan tokoh utama dalam cerita ini. Doraemon memiliki sebuah kantung 4 dimensi yang diisinya dengan benda-benda dari masa depan. Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya, setelah memohon atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah, membalas dendam, atau hanya sekedar pamer ke teman-temannya.
Nobita biasanya bertindak terlalu jauh, mengacuhkan saran atau perintah Doraemon. Akhirnya, Nobita terjerumus ke masalah yang lebih dalam. Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo atau Gian) mencuri alat tersebut dan berakhir dalam kekacauan karena salah menggunakannya.

Sinopsis

Cuplikan gambar Doraemon dan kawan-kawan dari serial anime.
Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah sebuah robot gagal yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon pernah menjalani masa-masa berat seperti menjadi penjaga bayi setelah gagal melewati ujian di akademi robot, kedua telinganya hancur setelah digigit robot tikus, catnya luntur akibat ulahnya sendiri, dan masih banyak kisah sedih yang ia lalui pada tahun pertama sejak kelahirannya. Sampai suatu ketika, keluarga tersebut mengirimkannya kembali ke masa lalu, kira-kira 250 tahun yang lalu pada waktu Nobita Nobi, leluhur keluarga ini, masih hidup di Tokyo.
Misi Doraemon adalah menolong Nobi Nobita yang merupakan kakek buyut dari Sewashi yang memiliki Doraemon. Nobita adalah seorang anak yang selalu mengalami nasib sial dan tak punya kemampuan apa-apa. Ia bodoh dalam pelajaran sekolah dan tidak bisa berolahraga. Nobita hanya berbakat dalam tembak-menembak, bermain karet, dan tidur. Inilah alasan mengapa ia gagal menjalani kehidupannya, dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk mengubah nasibnya menjadi seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang membantu seorang anak yang gagal. Pada kenyataannya, persahabatan kedua anak ini membuat mereka menjadi lebih baik.
Doraemon tiba pada tahun 1969 saat Tahun Baru Jepang bersama Sewashi, cicit Nobita. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita. Misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat ajaibnya.
Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik daripada ketika Sewashi mengirim Doraemon dulu, bahkan keturunan Nobi mampu membeli robot yang "tidak gagal", Dorami.
Diceritakan dalam manga dan anime, Doraemon dan Nobita saling bekerjasama untuk memperbaiki kehidupan mereka masing-masing. Banyak juga cerita yang menampilkan kisah keberanian dan kegigihan mereka untuk mempertahankan persahabatan yang mereka jalin.

Tokoh cerita

Tokoh-tokoh utama

Doraemon

Doraemon pic.jpg
Robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 yang dikirim ke abad ke-20 untuk menolong Nobita. Lahir pada 3 September 2112.[1] Tinggi badannya 129,3 cm dan berbobot 129,3 kg. Makanan kesukaannya adalah dorayaki. Doraemon sangat menyayangi dan setia kepada Nobita. Seringkali ia menolong Nobita walaupun ia sendiri dalam kesusahan.
Menurut sebuah cerita dalam serial manga dan anime, Doraemon adalah sebuah robot kucing yang diciptakan oleh Nobita sendiri, dan setelah sekian lama Doraemon berpindah-pindah sejak pertama kali diciptakan, Doraemon diperbarui dan tubuhnya dicat baru sehingga berwarna kuning yang dirancang untuk keperluan rumah tangga keluarga kaya. Sayangnya, sebuah kesalahan terjadi ketika ia menjalani proses produksi. Tak seperti robot kucing lainnya, ia gagal melewati uji coba sehingga ia dilelang ke keluarga kelas bawah yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon tetap menjadi sebuah robot kucing berwarna kuning hingga suatu ketika di saat ia sedang mengurus bayi keluarga tersebut, sebuah robot tikus menggigit telinganya sampai hancur dan terpaksa diamputasi. Doraemon menangis dan terus menangis, ia mencoba untuk mengembalikan telinganya kembali dengan cairan penumbuh, tetapi ia mengambil cairan yang salah dan akhirnya melunturkan cat ditubuhnya yang semula kuning menjadi warna dasarnya, biru. Ia menjadi seperti sekarang ini, sebuah robot kucing berwarna biru yang tidak memiliki telinga. Sampai sekarang pun Doraemon menjadi benci dan takut terhadap tikus.
Menurut sebuah sumber lainnya, Doraemon adalah robot canggih yang diciptakan sendiri oleh Nobita. Doraemon diciptakan saat Nobita berumur separuh baya. Doraemon sudah bersama keluarga Nobita sejak awal ia diciptakan. Meskipun gagal dalam proses uji coba, Doraemon tetap menjadi sebuah robot canggih yang memiliki alat-alat ajaib yang mampu menyelesaikan semua masalah. Ia juga pengertian dan memiliki rasa kasih sayang apalagi di saat Nobita menangis dan merengek kepadanya, Doraemon dengan senang hati mendengarkan semua keluhan dan membantunya. Doraemon juga mampu memahami perasaan manusia, baik itu sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan lainnya. Ia bertindak sesuai apa yang ia pelajari, ia dapat berteriak kegirangan, meloncat ketakutan, dan menangis. Selain itu, ia dapat bertindak sangat emosional dengan sifat tempramental yang cukup buruk ketika sedang bertengkar dengan Nobita. Ia juga memiliki "senjata rahasia" yang bisa digunakan dalam keadaan terdesak, yaitu kepalanya yang lebih keras daripada batu. Singkatnya, ia menjadi sebuah robot yang memiliki perasaan seperti manusia.
Tubuh Doraemon sangat sensitif, ia tak dapat beraktivitas dengan normal jika ia kehilangan suku cadangnya. Walaupun hanya kehilangan sebuah mur. Ia memiliki seorang adik bernama Dorami yang siap menggantikan tugasnya menjaga Nobita ketika ia menjalani servis rutin di masa depan.

Nobita Nobi (野比 のび太 Nobi Nobita?) / Noby

Nobita1.jpg
Anak kelas 5 SD yang pemalas dan sering diganggu oleh Gian dan teman-temannya. Tidak pandai dalam olahraga dan juga dalam pelajaran sekolah. Walaupun begitu, ia pandai dalam membuat teka-teki, bermain karet, dan bermain tembak-menembak. Sifatnya yang terlalu baik dan suka menolong kadang-kadang malah menyeretnya ke dalam masalah. Separah apapun, pada akhirnya Nobita akan selalu bergembira. Selain kepandaian yang disebutkan sebelumnya, ia gemar tidur dan mampu tertidur lebih cepat daripada orang lain. Hobinya adalah bermain karet, hobi yang tak lazim untuk anak laki-laki di Jepang. Ia juga gemar mengumpulkan tutup botol. Cita-cita Nobita selalu berganti-ganti, ia pernah ingin menjadi ninja, guru, pilot, dan lain-lain. Di masa depan, ia hanya menjadi seorang pegawai kantoran.
Dirinya dari masa depan seringkali datang kembali dengan mesin waktu untuk menyuruh Nobita belajar. Ini diakibatkan kemalasan Nobita sewaktu di sekolah dasar yang akhirnya berlanjut ketingkat selanjutnya dan membuat dirinya yang lebih tua menyesal dan mencoba mengubahnya di masa lalu.
Fujimoto sang pengarang komik ini pernah mengatakan, "Nobita sebenarnya bukan tidak bisa berbuat apa-apa, ia hanya malas jika harus bersungguh-sungguh ketika melakukan sesuatu, sehigga setiap hari ia selalu bersantai-santai. Tapi kalau memang diperlukan, ia bisa melakukannya dengan bersungguh-sungguh."
Berbeda dengan ibunya, Nobita adalah seorang pecinta binatang. Ia pernah secara diam-diam tanpa sepengetahuan ibunya memelihara berbagai macam hewan mulai dari kucing, anjing, Fuuko si anak angin, sampai seekor gajah afrika yang terpisah dari induknya.
Dalam manga, Nobita diceritakan pernah tinggal di suatu pulau kecil yang terpencil selama 10 tahun akibat keteledorannya sendiri. Namun tak ceritakan apakah peristiwa tersebut memberikan efek terhadap perilaku atau sifatnya.

Shizuka Minamoto (源 静香 Minamoto Shizuka?)

2606835609.jpg
Anak perempuan yang disukai Nobita dan akan menikah dengannya di masa depan. Walaupun pada masa sekarang ia lebih dekat dengan Dekisugi, karena adanya kedekatan intelektual. Ia selalu membela Nobita jika Nobita dikerjai teman-temannya. Ia juga serius tetapi baik hati. Alasannya menikah dengan Nobita, karena ia tidak tega melihat Nobita yang malang dan selalu sial. Shizuka suka membuat kue dan seringkali mengundang teman-temanya untuk makan bersama. Kesukaannya adalah berendam di air panas dan makan ubi manis bakar (ubi madu). Ia bercita-cita menjadi seorang pramugari. Shizuka juga hobi memainkan biola, meskipun suara yang dihasilkannya tak jauh berbeda dengan nyanyian Gian. Ibunya memasukkannya ke tempat kursus piano yang tidak terlalu dia sukai.

Takeshi Goda (剛田 武 Gōda Takeshi?) / Big G

755716 1209884173.jpg
Nama panggilannya adalah "Gian" (ジャイアン Jaian?). Seorang penggertak yang namanya berasal dari kosakata bahasa Inggris, giant (raksasa). Ia memiiki sifat yang tempramental dan juga lebih memilih jalan kekerasan dalam menyelesaikan masalah. Ia sangat membanggakan kemampuan menyanyinya walaupun suaranya sangat buruk dan mengganggu. Ia juga sering mengadakan konser atau resital di lapangan dan mengundang semua temannya untuk datang dan mendengarkan. Sebenarnya mereka dibuat menderita karenanya. Cita-citanya adalah menjadi penyanyi dan bisa tampil di televisi. Namun di balik semua itu, Gian adalah seorang anak kuat yang dapat diandalkan ketika teman-temannya berada dalam kesulitan. Gian juga mempunyai hobi lain yakni memasak, meskipun hasilnya juga tidak memuaskan. Selain memasak dan menyanyi, Gian mempunyai hobi yang ia rahasiakan dari teman-temannya, yaitu bermain rumah-rumahan dengan boneka-boneka miliknya. Gian juga sangat sayang terhadap adiknya Giako. Selain itu, Gian sangat takut jika ibunya memarahinya.

Suneo Honekawa (骨川 スネ夫 Honekawa Suneo?) / Sneech

Suneo.gif
Anak berwajah seperti rubah dari keluarga kaya. Ia sering memamerkan kekayaannya di depan Nobita, dan membuat Nobita merengek ke Doraemon agar bisa menyaingi Suneo. Walaupun begitu, Suneo sebenarnya adalah seorang anak yang sangat manja, mudah menyerah, dan penakut. Ia masih sering mengompol dan kadang harus memakai popok sewaktu tidur. Ia juga seorang narsisisme yang sering berbohong untuk menjaga harga dirinya. Teman terdekatnya adalah Gian, meskipun sebenarnya ia memendam dendam terhadap Gian yang suka mengambil dan merusak mainannya. Hobinya adalah memandang cermin, mengumpulkan perangko, mengoleksi barang antik, membuat pramodel, membuat foto panorama, dan bermain mainan dengan alat pengendali jarak jauh. Suneo mempunyai wawasan yang luas di bidang sains. Ia memiliki bakat dalam mendesain pakaian, danc ita-citanya adalah menjadi seorang perancang busana papan atas.
Suneo memiliki seorang adik laki-laki bernama Sunetsugu. Ia tinggal bersama pamannya di New York, dan jarang pulang ke Jepang. Meskipun begitu, Suneo dan Sunetsugu sering berkomunikasi lewat surat. Sunetsugu sangat bangga dengan Suneo, karena dalam suratnya Suneo selalu berbohong untuk membanggakan dirinya seperti mengatakan bahwa ia adalah anak yang paling pintar di sekolah, paling kuat di lingkungan, dan disukai banyak perempuan. Suneo juga memiliki sepupu bernama Sunekichi yang sering membuatkan remote control untuknya.

Keluarga Nobita

Tamako Nobi (野比 玉子 Nobi Tamako?)

Ibunya Nobita yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. Ia membenci binatang, cerewet, dan memarahi Nobita jika anak itu melakukan kesalahan yang tidak dikehendakinya seperti mendapat nilai nol di sekolah. Di masa muda, ia adalah seorang anak yang pintar, tapi tak pandai berolahraga. Hobinya adalah merangkai bunga.

Nobisuke Nobi (野比 のび助 Nobi Nobisuke?)

Ayahnya Nobita yang merupakan seorang pegawai kantoran yang baik dan penyabar. Ketika muda, ia pernah bercita-cita menjadi seorang pelukis, bahkan sempat berguru kepada seorang pelukis yang kini terkenal. Ia pandai berolahraga terutama bermain golf, tetapi ia sangat bodoh dalam pelajaran sekolah. Ia seorang perokok berat, dan kesulitan menghilangkan kebiasaan merokoknya. Sejak lama ia memimpikan untuk memiliki SIM mobil, namun selalu gagal mendapatkannya.
Nobisuke selalu mengharapkan Nobita agar tidak menjadi seperti dirinya, seorang pekerja kantoran dan sering gagal dalam melakukan apapun. Ia sering membelikan Nobita setumpuk ensiklopedia yang kemudian hanya dijadikan pajangan saja. Nobisuke juga suka petualangan, ia juga sering menasihati agar Nobita keluar rumah menikmati hangatnya sinar matahari daripada hanya tidur-tiduran di rumah. Meskipun begitu, ia sangat memanjakan Nobita, ia jarang sekali memarahi Nobi.

Ibunya Nobisuke

Neneknya Nobita yang nama aslinya tidak diketahui. Ia adalah seorang yang penyabar dan baik hati. Ia selalu menasihati Nobita dengan halus dan lebut, dan melindungi Nobita ketika diomeli oleh ibunya. Ia mengetahui adanya mesin waktu milik Doraemon. Nasihat nenek yang selalu diingat Nobita adalah Daruma. Walaupun sudah jatuh berkali-kali, namun daruma akan bangun dengan sendirinya. Ia meninggal ketika Nobita masih kecil sebelum kisah utama dimulai.

Nobiru Nobi (野比 のびる Nobi Nobiru?)

Ayahnya Nobiuke sekaligus kakeknya Nobita yang bersifat galak dan tegas, ia mendidik Nobisuke dengan keras. Dibalik semua itu, ia sangat mencintai Nobisuke. Sama seperti istrinya, ia juga mengetahui keberadaan Nobita masa kini dan Doraemon. Ia meninggal sebelum Nobita dilahirkan.

Nobisuke Nobi (野比ノビスケ Nobi Nobisuke?)

Nobisuke adalah anak Nobita dan Shizuka di masa depan. Berbeda dengan Nobita yang pendiam dan tenang, Nobisuke adalah anak yang hiperaktif, suka olahraga, dan sering mengganggu teman-temannya. Ia berkeperibadian seperti Nobita. Nobisuke juga sering mengunjungi "calon ayahnya", Nobita di masa kini.

Sewashi (セワシ?) / Soby

Sewashi adalah cicit Nobita yang hidup di abad ke-22. Ia yang mengirim Doraemon kepada Nobita.

Tokoh-tokoh lainnya

Dorami (ドラミ?)

Dorami.jpg
Adik perempuan Doraemon yang berwarna kuning, pandai beres-beres, bersih-bersih, mencuci dan memiliki tenaga sepuluh ribu daya kuda. Orangnya apik dan benci terhadap ketidakrapian, dan lebih rajin dibandingkan Doraemon. Ia juga selalu serius dan tidak bisa diajak bercanda, sehingga Nobita kurang menyukainya. Meskipun begitu, Dorami sebenarnya adalah robot yang baik dan sering menolong Nobita dan teman-teman ketika mereka dalam kesulitan.

Hidetoshi Dekisugi (出木杉 英才 Dekisugi Hidetoshi?)

Anak yang tampan dan pintar dalam pelajaran maupun olahraga, sering menjadi nomor 1 di kelas. Dekisugi selalu dicemburui Nobita, karena sering membantu Shizuka dalam pelajaran. Walaupun begitu Dekisugi tidak pernah dendam bahkan sering membantu Nobita. Selain itu, Dekisugi juga pandai menggambar dan memasak.

Gariben (ガリベンくん Garibeni?)

Gariben adalah murid peringkat dua di sekolah Nobita. Ia iri kepada Dekisugi yang nomor satu di kelas, dan ia pernah menjahilinya. Ia menelepon Dekisugi setiap hari pada jam dua malam, sehingga Dekisugi menjadi khawatir dan nilai-nilainya turun. Doraemon dan Nobita menangkapnya, dan ia memohon agar tidak dilaporkan kepada guru. Dekisugi memaafkannya dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi dan berusaha dengan kekuatan sendiri.

Jaiko (ジャイ子?)

Adik perempuan Gian. Hobinya memasak dan mengarang manga. Jaiko menggunakan nama Christine Goda (クリスチーネ 剛田 Kurisuchīne Gōda?) untuk komik karangannya. Gian sangat menyayanginya dan rela berkorban apa saja demi Jaiko. Ia akan menjadi istri Nobita seandainya Doraemon tidak datang ke masa kini.

Sunetsugu Honekawa (骨川 スネツグ Honekawa Sunetsugu?)

Adik laki-laki Suneo yang tinggal bersama pamannya yang kaya di Amerika Serikat. Sunetsugu sangat bangga akan kakaknya, Suneo. Menurutnya Suneo sangat pintar dan kuat, meskipun kenyataannya tidak.

Sunekichi (スネ吉?)(Stan)

Sepupu laki-laki Suneo, berambut keriting dan bermuka rubah seperti keluarga Suneo lainnya. Ia adalah anak orang kaya yang sangat genius dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia pernah membuat sebuah remote control tiruan kapal Yamato sepanjang 1,75 m hanya untuk dihancurkan dengan mainannya yang lain. Dalam beberapa cerita, ia mengadu mainan remote controlnya dengan peralatan ajaib milik Doraemon. Selain itu ia juga senang menyusun diorama dan sering mengajar Suneo bagaimana cara membuat diorama yang kelihatan sungguh.

Pak Guru (先生 Sensei?)

Guru kelas 4 SD yang sering menghukum Nobita dengan cara menyuruhnya berdiri di koridor sekolah. Ia sering memaharahi Nobita dan Gian, tapi bangga dengan Suneo. Pak guru sering melakukan kunjungan kepada orang tua murid, ini sering menjadi malapetaka bagi Nobita.

Sunetaro

Ia adalah anak laki-laki Suneo. Ia sangat manja seperti ayahnya, namun ia lemah dan sering dijahili Nobisuke, anak Nobita.

Hideo

Ia adalah anak laki-laki Dekisugi. Ia sangat pintar seperti ayahnya. Meskipun masih SD ia sudah mampu membuat sebuah robot yang diberi nama Roboket, gabungan antara robot dengan roket.

Kakek pemilik rumah

Kakek pemilik rumah di sebelah lapangan tempat Gian dan kawan-kawan biasa bermain bisbol. Gian atau temannya biasa memecahkan kaca jendela rumah atau merusak bonsai miliknya dengan "tidak sengaja", karena terkena lemparan bola, batu, bisa juga salah satu alat milik Doraemon.

Akhir cerita

Sejak tahun 1980-an, banyak bermunculan cerita dan spekulasi tentang akhir kisah Doraemon. Semua kemungkinan ini didiskusikan dan diputuskan tidak ada akhir untuk kisah Doraemon.[2]

Akhir cerita pertama

Kisah yang paling optimistik dipublikasikan oleh Nobuo Sato. Diceritakan bahwa Nobita pulang ke rumah dan merengek-rengek mengadu ke Doraemon. Tak lama kemudian, ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan Doraemon. Robot kesayangannya itu hanya diam dan tak menjawab keluhannya. Ia pun segera menelepon Dorami, dan meminta petunjuk darinya. Dorami kemudian memberi tahu bahwa baterai milik Doraemon habis. Dorami menjelaskan bahwa robot kucing versi lama seperti Doraemon seharusnya memiliki cadangan baterai "pendukung memori" di bagian telinga. Dikarenakan Doraemon telah kehilangan telinganya, ia tidak memiliki tenaga cadangan untuk menyimpan memori dan ingatannya. Satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali Doraemon adalah dengan mengganti baterainya, namun itu berarti Doraemon akan kehilangan seluruh ingatan tentang diri dan kawan-kawannya.
Di saat yang bersamaan, polisi-waktu membuat peraturan baru dan melarang adanya "perjalanan waktu" dan menghalangi Nobita yang berusaha membawa Doraemon untuk diperbaiki pada masa depan. Dorami kemudian memberikan pilihan berupa nekat menerobos polisi-waktu, memperbaiki Doraemon pada masa depan dan menghapus ingatannya, atau menunggu seseorang dari masa depan datang dan memperbaiki Doraemon. Nobita memilih cara kedua. Nobita yang merasa sangat kehilangan Doraemon, kemudian berjanji untuk belajar keras demi Doraemon. Usaha Nobita berhasil, tiga tahun kemudian Nobita lulus sekolah menengah atas dengan nilai terbaik dan menjadi seseorang yang sangat populer di sekolahnya. Meskipun demikian, sifat Nobita yang seperti biasanya hilang, ia menjadi seorang kutu buku yang selalu menyendiri.
29 tahun kemudian, diceritakan bahwa Dekisugi menjadi presiden Jepang, mengadakan reuni dengan Suneo dan Gian. Ketiganya membahas mengenai masalah tentang hilangnya Doraemon dan tentang time paradox, sebuah teori yang menjelaskan bahwa sejarah dunia dapat berubah dengan diciptakannya mesin waktu. Dari percakapan itulah terungkaplah alasan patroli waktu tak memberikan izin Nobita untuk memperbaiki Doraemon di masa depan, karena Nobita itu sendiri yang menciptakan Doraemon. Setelah diperbaiki, Doraemon menjadi mempunyai telinga dan berwarna kuning, dipeluknya erat-erat Doraemon. Dan mereka hidup bahagia selamanya.[3][4]

Akhir cerita kedua

Akhir yang lebih pesimistik mengusulkan bahwa Nobita menderita autisme dan semua karakter yang ada hanyalah karakter fiksi dalam imajinasinya. Gagasan bahwa Nobita yang sakit dan sekarat membayangkan semua seri di tempat tidurnya untuk membantunya menghilangkan depresi dan rasa sakitnya membuat marah banyak penggemar. Banyak penggemar di Jepang memprotes di luar kantor utama penerbit setelah mengetahui tentang hal ini. Penerbit akhirnya mengeluarkan pernyataan kepada publik bahwa hal ini tidak benar.

Akhir cerita ketiga

Akhir cerita versi ketiga menceritakan bahwa Nobita jatuh dan kepalanya terbentur batu, sehingga mengalami koma. Untuk mendapatkan uang operasi agar Nobita selamat, Doraemon menjual seluruh peralatannya di kantong ajaibnya. Sayangnya, operasi tersebut gagal. Doraemon menjual semua peralatannya kecuali satu alat yang ia gunakan untuk memperbolehkan Nobita pergi kemanapun ia mau. Pada akhirnya, Nobita ingin pergi ke surga.

Akhir cerita yang resmi

Terdapat tiga akhir cerita yang resmi untuk kisah Doraemon.
Pada bulan Maret tahun 1971, majalah Shogaku 4-nensei memberitakan karena fakta bahwa pengunjung dari masa depan menyebabkan masalah, pemerintah pada abad ke-22 melarang adanya perjalanan waktu, berarti Doraemon harus kembali ke waktunya di zamannya dan meninggalkan Nobita.
Pada bulan Maret tahun 1972, isi dari majalah Shogaku 4-nensei membeberkan cerita Doraemon, untuk beberapa alasan harus kembali ke masa depan dan berbohong untuk masalah mekanik sehingga Nobita memperbolehkannya pergi. Nobita mempercayainya dan berjanji untuk menunggu sampai Doraemon sembuh. Menyadari bahwa Nobita dapat merelakan kepergiannya, Doraemon memberitahu yang sebenarnya dan Nobita menerimanya. Doraemon kembali ke masa depan.
Akhir dari Doraemon yang ketiga merupakan akhir resmi karena rating TV yang rendah dan Fujiko Fujio sibuk dengan pekerjaan lainnya, tetapi Doraemon tidak meninggalkan pikiran mereka dan mengulang kembali untuk isu bulan depan. Pada tahun 1981, kisah ini dibuat menjadi anime (disebut "Doraemon Comes Back") yang animenya dirilis tahun 1998.
Pada bulan Maret tahun 1973, isi dari majalah Shogaku 4-nensei menceritakan seperti biasa, Nobita kembali dijahili Gian. Gian mengejar Nobita sampai ke depan rumah Nobita. Akhirnya Nobita masuk rumah dan Gian mengancam akan membalasnya. Nobita meminta sebuah alat untuk berkelahi, namun Doraemon menolaknya. Nobita bingung dan menanyakan mengapa Doraemon seperti ini. Doraemon menjelaskan bahwa ia akan pulang ke masa depan. Nobita terkejut dan berusaha mencegahnya namun ayah dan ibunya memintanya untuk melepaskan Doraemon. Pada sorenya, orangtua Nobita mengadakan pesta perpisahan dengan Doraemon. Nobita tampak murung melihatnya. Pada malam harinya Doraemon dan Nobita berusaha tidur, tapi mereka tak bisa tidur. Doraemon dan Nobita menutuskan berjalan di taman untuk terakhir kalinya. Doraemon menayakan beberapa hal, sampai akhirnya ia menangis dan meninggalkan Nobita. Doraemon menangis terharu melihat Nobita menyebutkan bahwa Doraemon bisa pulang. Akhirnya Nobita pun tidur, dan Doraemon kembali ke masa depan. Akhirnya Nobita pun merelakan perginya Doraemon (bagian ini dapat ditemukan di akhir Doraemon jilid 6).
Pada versi animasi mirip tetapi lebih panjang. Awalnya Nobita murung di kamarnya. Ia dipanggil Suneo, pada saat ia keluar rumah ia tidak tahu bahwa hari ini adalah hari April Mop. Nobita awalnya ditipu Suneo, bahwa ia telah memnemukan tsuchinoko, namun ia malah digigit anjing. Nobita lalu ditipu oleh Gian yang menipunya tentang kembalinya Doraemon. Ia dengan senang pulang dan menanyakan kepada ibunya di mana Doraemon, dan ternyata ia ditipu. Nobita sedih dan membuka kotak dari Doraemon. Isinya adalah botol yang berisi cairan. Ia mendengarkan suara Doraemon yang menjelaskan bahwa cairan tersebut disebut Uso 800 (Bohong 800) yang digunakan agar semua hal yang tidak benar yang diucapkan orang yang minum cairan tersebut sebagai hal yang benar. Nobita menggunakannya untuk menipu Gian dan Suneo, ia mengatakan cuaca hari ini sangat bagus, yang menjadi bohong dan mulai turun hujan deras sebelum ia mengatakan hari ini hujannya deras dan hujan tersebut berhenti. Gian dan Suneo takut setelah beberapa trik ketika Nobita mengatakan apa yang akan terjadi, semuanya terjadi kebohongannya. Nobita sangat gembira pada awalnya, tetapi segera hilang karena kangen akan Doraemon. Ia pulang, dan ibunya mengatakan Doraemon sudah pulang. Ia tidak yakin dan yakin Doraemon tidak akan pernah kembali, seperti yang dikatakan Doraemon terhadap Nobita sebelum ia pergi. Cairan tersebut masih berfungsi, ketika ia sampai di kamarnya ia menemukan Doraemon. Mereka gembira, tetapi karena pengaruh dari cairan, semua kata-katanya berubah menjadi, "Aku sangat tidak senang bahwa kita dapat kembali lagi." Bagian ekstra dari animasi ini berasal dari buku manga Doraemon jilid tujuh. Namun keduanya tidak dianggap sebagai akhir Doraemon, karena masih dilanjutkan ke jilid berikutnya.
Ketika duo Fujiko Fujio berpisah pada tahun 1987, ide akan akhir Doraemon yang tidak resmi tidak pernah didiskusikan. Sejak Fujiko F. meninggal tahun 1996 sebelum kesepakatan tercapai, akhir dari Doraemon adalah fiksi para penggemar, tetapi pada beberapa kisah ketika Nobita melakukan perjalanan waktu menampilkan akhirnya ia menikahi Shizuka, memimpin menuju kehidupan yang bahagia dan terpisah dari Doraemon, walaupun Nobita dan temannya masih ingat dengannya.[5]

Peralatan Doraemon

Peralatan yang sering digunakan oleh Doraemon antara lain:

Kantong Ajaib

Adalah sebuah kantong 4 dimensi yang tertempel di perut Doraemon, kantong ini dapat menyimpan semua alat-alat Doraemon tanpa batas, bahkan semua barang-barang dikamar Nobita. Doraemon juga menyimpan sebuah kantong ajaib cadangan di lemari tempat ia tidur. Di lubang kantung ini terdapat sebuah alat pendeteksi imajinasi sehingga apabila ingin mengambil suatu alat, Doraemon akan membayangkan bentuk dari benda tersebut. Alat pendeteksi imajinasi akan mencari benda tersebut dan akan memberikannya ke tangannya.

Mesin Waktu

Adalah mesin yang dapat digunakan untuk menjelajah ruang dan waktu. Doraemon menggunakannya untuk kembali ke masa depan jika ia ingin menjalani servis rutin.

Pintu ke Mana Saja

Adalah pintu yang digunakan Doraemon untuk menuju ke tempat apa pun di waktu kapan pun. Namun, pintu ke mana saja memiliki batas data zaman tujuan.

Jendela ke Mana Saja

Adalah jendela yang pernah digunakan Nobita untuk menuju ke tempat apa pun di waktu kapan pun. Namun, Jendela ke mana saja memiliki batas data zaman tujuan.

Kaca Mata Fantasi

Jika dipakai akan membuat hewan dan tumbuhan terlihat seprti kartun dan dapat berbicara.

Baling-baling Bambu

Baling-baling kecil milik doraemon yang digunakan untuk terbang ke tempat yang dituju. Baling-baling bambu terbang dengan menggunakan tenaga baterai yang habis dalam 4 jam, namun dapat terisi ulang secara otomatis apabila diistirahatkan selama beberapa saat.

Konyaku Penerjemah

Konyaku penerjemah adalah makanan sejenis agar-agar tahu yang berguna untuk menerjemahkan bahasa lain. Jika dimakan, maka orang asing yang berbicara dengan kita akan mengerti perkataan kita, begitu pula sebaliknya.

Kue cap Momotaro

Adalah kue yang digunakan untuk menjinakkan binatang. Seganas apapun binatangnya, akan berubah menjadi binatang jinak yang bisa ditunggangi bahkan diperintah. Kue cap Momotaro aman bila dimakan oleh manusia

Senter Pengecil

Jika senter ini digunakan, benda yang disinarinya akan mengecil.

Senter Pembesar

Jika senter ini digunakan, benda yang disinarinya akan membesar.

Sarung Tangan Super

Sarung tangan ini dapat meningkatkan kekuatan tangan orang yang memakainya, sehingga dapat mengangkat beban yang sangat berat atau digunakan sebagai senjata bila melawan musuh. Bekerja dengan prinsip gravitasi dan penyerapan berat benda.

Meriam Angin

Salah satu alat Doraemon yang berupa senjata. Dipakai bila menghadapi musuh. Kekuatannya tergantung oleh penggunanya dan memiliki baterai yang dapat habis bila terlalu sering dipakai.

Shot Gun

Sebuah pistol yang dapat mengeluarkan gelombang listrik yang kuat sehingga dapat membuat musuh pingsan.

Mantel Pelindung

Mantel ini berfungsi untuk membelokkan apapun yang mengenai mantel ini.

Lingkaran Penembus

Benda yang berbentuk seperti holahop ini berguna untuk menembus dinding ataupun benda yang menghalangi jalan.

Selimut Waktu

Kain yang dapat mengembalikan benda yang dibungkusnya kembali ke asalnya atau ke wujud sebelumnya.

Tongkat Pencari yang hilang

Jika mengikuti arah tongkat ini kita akan menemukan apa yang kita cari.Tapi kemungkinan bisa dipercaya 70%.

Mantel Over

Jika memakai mantel ini,apa yang kita lihat menjadi berlebihan.

Sarung Tangan Tikus

Dapat menggali sedalam apapun, biasanya digunakan untuk menggali ke bawah tanah.

Doraemon di Indonesia

Doraemon adalah salah satu karakter manga yang paling populer di Indonesia. Animenya disiarkan oleh RCTI sejak 6 November 1988 hingga sekarang.
Manganya telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dalam beberapa seri:

Doraemon (serial anime 1973)

Serial TV pertama di Doraemon yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio dan Tokyo Movie Shinsa. Serial yang terdiri dari 26 episode ini merupakan hasil produksi bersama Nippon Television, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 1 April 1973 sampai dengan tanggal 30 September 1973.

Musik

Lagu pembuka
Lagu penutup
  • Doraemon Rumba (ドラえもんルンバ) oleh Harumi Naito

Pengisi suara

Doraemon (serial anime 1979)

Serial TV kedua di Doraemon yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio dan Shin'ei Doga. Serial ini adalah ditayangkan TV Asahi di Jepang mulai tanggal 8 April 1979.

Musik

Lagu pembuka
  1. Lagu di Doraemon (ドラえもんのうた Doraemon no Uta?) (Weekly Program OP #1, Weekday Program OP #1) oleh Kumiko Osugi dan Nobuyo Oyama
  2. Boku Doraemon (ぼくドラえもん) (Weekday Program OP #2) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
  3. Lagu di Doraemon (kedua) (Weekly Program OP #2) oleh Satoko Yamano
  4. Lagu di Doraemon (ketiga) oleh Tokyo Purin
  5. Lagu di Doraemon (ke-4) oleh Misato Watanabe
  6. Lagu di Doraemon (ke-5) oleh AJI
  7. Lagu di Doraemon (ke-6) oleh Twelve Girls Band
  8. Hug Shichao (ハグしちゃお) oleh Rimi Natsukawa
  9. Yume wo Kanaete Doraemon (夢をかなえてドラえもん) oleh mao
Lagu penutup
  1. Doraemon ekaki uta (ドラえもん・えかきうた) (Lagu penutup ekstra) oleh Nobuyo Oyama
  2. Aoi Sora wa Pocket sa (青い空はポケットさ) oleh Kumiko Osugi
  3. Doraemon Ondo (ドラえもん音頭) (Lagu penutup ekstra) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
  4. Dorami chan ekaki uta (ドラミちゃんのえかきうた) (Lagu penutup ekstra) oleh Keiko Yokozawa
  5. Maru Gao no uta (まる顔のうた) oleh Nobuyo Oyama
  6. Santa Claus wa doko no hito (サンタクロースはどこのひと) oleh Nobuyo Oyama
  7. Bokutachi Chikyuu-Jin (ぼくたち地球人) oleh Mitsuko Horie
  8. Aozoratteiina (青空っていいな) oleh Mitsuko Horie
  9. Ashita mo tomodachi (あしたもともだち) oleh Yui Nishiwaki
  10. Boku Doraemon 2112 (ぼくドラえもん2112) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
  11. Mata aeru Hi made (またあえる日まで) oleh YUZU
  12. Tanpopo no Uta (タンポポの詩) oleh THE ALFEE
  13. YUME Biyori (YUME 日和) oleh Hitomi Shimatani
  14. Aa Iina! (あぁ いいな!) oleh W (Double You)
  15. Odore Dore Dora Doraemon Ondo (踊れ・どれ・ドラ ドラえもん音頭) oleh Wasabi Mizuta dan Morinoki Jidou Gasshoudan

Pengisi suara

Doraemon (serial anime 2005)

Doraemon 2005 adalah serial anime terbaru berdasarkan manga Fujiko Fujio dari nama yang sama. Diproduksi oleh Studio Pierrot, Doraemon 2005 mulai ditayangkan di TV Asahi pada 15 April 2005. Sebagian besar episode dalam seri ini adalah remake dari seri 1979. Setiap episode dalam seri ini dibagi menjadi 2 cerita dengan durasi masing-masing 12 menit, khusus episode spesial hanya 1 cerita dengan durasi antara 24 menit s/d 48 menit. Seri ini juga mulai ditayangkan di Canal Sur 2 di Spanyol dan TVB di Hong Kong pada Januari 2009, serta Biggs Panda di Portugal pada 2010. Doraemon 2005 juga diharapkan akan ditayangkan di saluran anak-anak yang ada di semua negara Asia Tenggara pada tahun 2010. Versi internasional dari semua episode hanya menggunakan lagu pembuka ketiga Jepang.

Musik

Lagu pembuka
  1. Doraemon no Uta oleh 12 Girls Band (15 April 2005 - 21 Oktober 2005)
  2. Hagushichao oleh Rimi Natsukawa (28 Oktober 2005 - 20 April 2007)
  3. Yume wo Kanaete Doraemon oleh mao (11 Mei 2007 - Sekarang)
Lagu penutup
  1. Odore Dore Dora Doraemon Ondo 2007 oleh Wasabi Mizuta (29 Juni 2007 – 10 Agustus 2007)

Pengisi suara

Film Doraemon (atau "Doraemon Petualangan" dalam manga)

Catatan : Film-film Doraemon yang beredar di Indonesia bercetak tebal.

Versi lama (1980-2000)

Versi baru (2000-sekarang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar